Widget HTML Atas

iklan banner iklan banner

Kode Plat Nomer Kendaraan Bermotor

plat nomer kendaraanTanda Nomor Kendaraan Bermotor (TNKB), atau biasa kita sering kali disebut plat nomor atau nomor polisi (nopol), adalah kode nomer berdasarkan wilayah di indonesia yang tertulis di plat aluminium tanda kendaraan bermotor di Indonesia yang telah didaftarkan pada Kantor Bersama Samsat. Plat nomor adalah salah satu jenis identifikasi kendaraan bermotor untuk jenis mobil dan motor. Plat nomor juga disebut plat registrasi kendaraan, atau di Amerika Serikat sana  dikenal sebagai plat izin (license plate).

Bentuknya berupa potongan plat logam atau plastik yang dipasang pada kendaraan bermotor sebagai identifikasi resmi. Biasanya plat nomor jumlahnya sepasang, untuk dipasang di depan dan belakang kendaraan. Namun ada jurisdiksi tertentu atau jenis kendaraan tertentu yang hanya membutuhkan satu plat nomor, biasanya untuk dipasang di bagian belakang. akan tetapi ini akan bermasalah jika terkena razia pihak berwajib dalam hal ini polisi yang efeknya anda akan kena tilang :p.

Plat nomor memiliki nomor seri yakni susunan huruf dan angka yang dikhususkan bagi kendaraan tersebut. Nomor ini di Indonesia disebut nomor polisi, dan biasa dipadukan dengan informasi lain mengenai kendaraan bersangkutan, seperti warna, merk, model, tahun pembuatan, nomor identifikasi kendaraan atau VIN dan tentu saja nama dan alamat pemilikinya. Semua data ini juga tertera dalam Surat Tanda Nomor Kendaraan Bermotor atau STNK yang merupakan surat bukti bahwa nomor polisi itu memang ditetapkan bagi kendaraan tersebut. Karena wujudnya yang spesifik, plat nomor juga digunakan sebagai identifikasi kendaraan oleh banyak lembaga, seperti kepolisian, perusahaan asuransi mobil, bengkel, tempat parkir, dan juga armada kendaraan bermotor dan juga memudahkan buat pemilik kendaraan bermotor itu sendiri untuk membedakan dengan kendaraan bermotor lainnya.

plat nomer bh isi ttDi beberapa wilayah jurisdiksi, plat nomor juga dipakai sebagai bukti bahwa kendaraan tersebut sudah memiliki 'izin' untuk beroperasi di jalan raya umum, atau juga sebagai bukti pembayaran pajak kendaraan bermotor. Aplikasi ini berisi daftar plat nomor atau Tanda Nomor Kendaraan Bermotor yang berlaku di Indonesia.







Berikut adalah Daftar kode Plat Nomer Sesua Abjad :

A = Banten
B = Jakarta
D = Bandung
E = Cirebon
F = Bogor
G = Pekalongan
H = Semarang
K = Jepara – Rembang
L = Surabaya
M = Madura
N = Malang
P = Besuki
R = Banyumas
S = Bojonegoro
T = Krawang
Z = Ciamis – Tasikmalaya
W = Jawa Timur
AA = Magelang
AB = Yogyakarta
AD = Surakarta
AE = Madiun
AG = Kediri
BA = Sumatera Barat
BB = Tapanuli
BD = Bengkulu
BE = Lampung
BG = Sumatera Selatan
BH = Jambi
BK = Sumatera Utara
BL = Nangroe Aceh Darussalam
BM = Riau
BN = Bangka
DA = Kalimantan Selatan
DB = Minahasa – Manado – Bitung
DD = Sulawesi Selatan
DE = Maluku Selatan
DG = Maluku Utara
DK = Bali
DL = Sanghie Talaud
DM = Bolang Mongondow – Gorontalo
DN = Sulawesi Tengah
DR = Lombok
DS = Papua
DT = Sulawesi Tengah
DH = NTT
EA = Sumbawa
EB = Flores
ED = Sumba
KB = Kalimatan Barat
KT = Kalimantan Timur


hayooo yang mana kode plat nomer anda ?
itulah kode plat nomer kendaraan bermotor yang berlaku di indonesia semoga berguna buat kita semua

1 comment for "Kode Plat Nomer Kendaraan Bermotor"

Post a Comment